Feeds:
Posts
Comments

Archive for January, 2011

Tengah malam, mendadak tiba-tiba aku butuh sharing masalah workshop ke Puri. Begitu bbm langsung dijawab sreeett! Tanya ini itu, diskusi ini itu, eh tiba-tiba Puri nanya bisa nggak kalo bikin cake mendadak buat besok sorenya. Pas kebeneran semua orderan udah selesai sore hari, maka langsung dijawab bisa.

Temanya all about golf. Jadi yang langsung kebayang adalah lapangan golf lengkap dengan pemainnya, danau, hamparan pasir, dan pepohonan. Bagian depannya aku carving sedikit membentuk seperempat lingkaran oval untuk dibuat danau. Sisa carvingannya aku susun di bagian belakang membentuk undakan agak tinggi untuk meletakkan bendera.

Figurnya dibuat seorang pegolf yang lagi mau mukul bolanya. Tadinya mau ditambah caddy juga. Tapi berhubung cakenya sembit, cuma 18cm, jadi urung deh.

Akhirnya diganti sama tas stick golf aja.

Nggak lupa dibuat bendera dan lubangnya.

Pepohonannya bikin yang simpel aja bentuk cemara-cemara. Tinggal dibulet-buletin, bikin runcing ujungnya, dan digunting sisi-sisi sekelilingnya.

Bagian danaunya aku bikin pake royal icing agak cair, dan kelilingnya untuk ngasih efek batu aku tempel aja coklat kecil-kecil.

Dan terakhir sebelum diambil, Puri request dibuat tulisan Happy Birthday Papa dan Om Benny.. Waduh, mana space depan udah jadi pendek karena udah dicarving jadi danau. Akhirnya aku putuskan pake edible pen aja supaya ukuran tulisannya bisa menyesuaikan.

Pas diambil aku lagi nggak dirumah…  Si Mba yang rada lugu cerita ,”Mba, itu kok yang ngambil kue tadi pas masuk rumah teriak ya?”

Aku langsung kaget…. “Loh, kenapa Mba? Teriak gimana?”

Si Mba dengan muka polosnya bilang ,” Iya saya ampe kaget, Mba itu teriak iiiiihhh lucu bangeeeet! Ngomongin apa ya Mba?”

Gedubraaaaaaaaaaaakkkkkk!!!!

Read Full Post »

Fruity Cookies ini dibuat untuk souvenir khitanan Dwi. Dibuat ukuran 5 cm dengan stick es krim kecil. Motifnya pun dibuat gambar buah-buahan. Mulai dari semangka, apel, kiwi, anggur, jeruk, dan strawberry.

Warna-warna cerahnya bikin gemes anak-anak yang liat. Untuk packingnya tetap pake plastik kaca dengan kawat twist.

Read Full Post »

Punya sisa carving cake coklat? Bosen makanin remah-remahnya? Atau bingung mau diapain segitu banyak sisa-sisa carving aneka cake ultah yang menggonggok di piring dapur?

Gampang banget….  Tips ini aku dapet dari Bunda Dilla… kakak iparku yang penuh dengan kesibukan, tapi kadang masih juga sempet terjun ke dapur **two thumbs up**

Siapin aja :

  • Sisa carving cake / remahan kue (hancurkan)
  • Susu Kental Manis (coklat atau putih tergantung selera)
  • Meises

Caranya :

simpeeeeelll…. tinggal tuang susu kedalam remahan kue, aduk-aduk hingga kira2 bisa dibentuk bulatan bola-bola. Gulingkan diatas meises. Taruh di papercup sesuai ukuran bola coklat. Choco ball siap dimakan…

**buat yang suka bisa ditambah rhum dalam adonan, tapi karena aku nggak mengkonsumsi rhum, maka nggak pake samasekali…

Read Full Post »

Nggak kerasa udah 3 tahun aku hidup dalam keluarga kecil yang bahagia… Untuk ngerayain wedding anniversary yang ketiga, maka bikin cake yang simple tapi rasanya selalu bertahan sepanjang masa….

Si Hitam Manis…. Blackforest…. Pake resep NCC dengan beberapa bahan diskip karena nggak ada. Hehehe….

Resep dasar :  NCC

modified by. Hesti

Bahan :
8 btr Telur (ukuran sedang)
60 gr coklat bubuk
40 gr maizena
100 gr terigu
1/2 sdm emulsifier
50 gr mentega + 50 gr margarin, lelehkan
200 gr gula pasir
1 sachet  vanillie

Hiasan :

Buttercream

Dark Cooking Chocolate

Cherry Tangkai

Cara Membuat :

  1. Campur terigu, coklat bubuk dan maizena, aduk rata.
  2. Kocok kuning telur, sebagian gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental (berjejak)
  3. Di tempat terpisah kocok putih telur dan sisa gula hingga membentuk puncak tumpul.
  4. Di baskom kuning telur, masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata
  5. Masukkan adonan putih telur, aduk rata.
  6. Terakhir masukkan mentega leleh aduk rata.
  7. Tuang dalam 2 loyang bulat garis tengah 20 cm  oven hingga matang, dinginkan.
  8. Letakkan satu lapis cake, oles dengan buttercream. Tumpuk lagi dengan lapis kedua.Oles seluruh cake tadi dengan buttercream, hias dengan dark cooking chocolate serut hingga tertutup semua.
  9. Semprotkan butter krim, hias dengan cherry merah.

** semoga bahagia selalu sepanjang masa….. amin…

Read Full Post »

Baby Enza udah 40 hari… Jadi, waktunya akikah telah tiba. Acara cukur-mencukur pun bakal dilaksanakan. Dan untuk melengkapi bingkisan yang akan dibagikan pada undangan, maka dirancang kukis bertema nama dan wajah bayi.

Yang ada namanya berdiameter 7 cm, dan yang berwajah bayi diameternya 6 cm. Untuk tulisan nama Enza mengunakan hiasan full Royal Icing, dan menggunakan stick.

Sedangkan yang berwajah bayi hiasan dikombinasi antara Royal Icing dan fondant. Yang ini nggak dipakein stick, supaya lebih kelihatan ini tuh wajah…bulat…

Semoga Baby Enza tumbuh menjadi anak yang soleh dan berbakti pada orangtua yaaaa…..

Read Full Post »

Horeeee….. Fiona 2 tahun!

Waktu ditanya mau dibikinin kue apa, Fio cuma cengar-cengir aja… Mau bikin antara Princess atau Pooh. Yang pasti mamanya pengen bikin castle. Hehe… Akhirnya, Fio nyebut-nyebut Pooh. Udah direncanain pengen bikin castle plus kebun mini berisikan Pooh dan kawan-kawan…eeeehh ternyata tema dekorasi birthday party nya bawah laut. Pikir-pikir, si Fio juga ngefans kok sama Sammy dan Nemo, jadi seketika ubah haluan aja…

Entah nyambung atau enggak, tetep bikin castle… karena udah lama naksir sama castle yang ada di buku Debbie Brown. Ukurannya castle  sama ngikutin di buku. Cuma bukitnya ditambah satu layer lagi bawahnya supaya kuenya rada gede.  Sayangnya, nggak sadar aku nyimpen cake di ruang tamu yang nggak ber-AC, pintunya jadi rada meleyot kepanasan. Hiks hiks… langsung buru-buru ni cake ngungsi ke kamar…

Figur-figur berikutnya adalah figur favorit Fio. Ada Nemo dan Sammy. Pelengkapnya ditambah aja si Dori dan gurita. Plus terumbu karang warna-warni.

Supaya memperjelas ini castle berada dalam laut, maka aku modifikasi ukuran cakenya. Dibawahnya aku tambahin dummy cake bulat. Sekelilingnya dicover sama royal icing kental dan diwarnai marmer biru putih. Aplikasikan ke dummy menggunakan pisau palet dan dibantu sendok makan untuk membuat efek air yang berombak-ombak.

Sisa space dipojok-pojok cake board aku oles royal icing dan tabur tepung panir untuk bikin pasir pantainya.

Selain Cake, aku siapin juga cupcake supaya nggak repot potong-potong cake ultah buat dibagi-bagi. Berhubung udah jam 2 dinihari, dekornya cari yang cepet aja. Buttercream ditemplok-templokin ngikutin gaya ombak, kasi rumput dikit, choco ball, plus terumbu karang.

Dan kukisnya, pake hiasan seashore moulds. Langsung cetak tempel aja. Praktisnyaaaaa hehehe….

Dan terakhir siangnya nyempetin bikin bolu kukus mekar buat tambahan snacknya. Saking ngurusin kue, acara jam 4 sore kok ya setengah 4 baru masuk kamar mandi. Untung tempatnya dekeeeet, tinggal ngesot aja nyampe…

Senengnyaaaa liat Fio antusias sama temen-temennya. Selamat ulang tahun ya, Nak. Semoga Fio jadi anak yang sholeha dan berguna bagi semua orang. Aminnn… Muach-muach muach…. **mama-papa peluk-peluk fio**

Read Full Post »

%d bloggers like this: