Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Risoles’ Category

Stok tepung buat risoles masih banyak… mayonaise juga ada… nah, nggak ada salahnya nyobain bikin risoles mayo… buat nambahin perbendaharaan snack hehe….

Resepnya gampil banget, tapi rasanya gud-marsogud…

**Bahan Kulit :

150 gr terigu protein sedang

1/2 sdt garam

1/2 sdt bumbu penyedap (opt)

300 ml susu

1 butir telur

  1. Aduk semua bahan kering jadi satu. Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil  diaduk-aduk
  2. Tambahkan telur dan air, aduk terus hingga rata
  3. Cetak menggunakan cetakan risoles

**Bahan Isi :

300 gr ayam cincang

200 gr mayonaise

200 gr kentang dan wortel potong dadu

4 siung bawang putih

6 siung bawang merah

1 buah bawang bombay

1 sdt garam

1/2 sdt merica

Margarin untuk menumis

  1. Panaskan margarin, masukkan bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah. Tumis hingga harum.
  2. Masukkan ayam hingga berubah warna, disusul rebusan wortel dan kentang.
  3. Tambahkan garam dan merica bubuk.
  4. Terakhir masukkan mayonaise. Aduk-aduk hingga mengkilat dan mengental.
  5. Angkat, isikan ke tiap lembar kulit risoles. Balur dengan putih telur kocok.  Gulingkan di tepung roti.
  6. Goreng hingga kuning keemasan.

Untuk bentuknya sih bisa sesuai selera…. bisa dibentuk segitiga, bisa juga dibentuk persegi panjang…

Asal nggak dibentuk rumah atau mobil aja… aku belom kebayang hihihii….

Advertisements

Read Full Post »

Sore-sore lagi asik bikin stok pempek buat persediaan kedai unyilku, tiba-tiba ada yang berdering…. Nggak taunya temenku , lagi ngiler berat sama Risoles! Ragout-nya sih yang pasti….soalnya waktu aku bilang baru aja meluncurkan produk baru yang isinya chicken mayo, dia nolak…

“Nggak ah…bosen yang mayonnaise gitu… Lagi pengen yang benyek-benyek aja… mau risoles ragout! Bla…bla…bla….”

Okay….. karena pesennya mendadak dan keesokan harinya aku masih harus ngerjain JCC yang ber-berry-berry…aku minta lusa aja… Eh, beliau ini nggak mau! Udah keburu ngiler katanya…

Ya sudlaaaahhh….

Sekalian aku mau share resepnya yang dimodifikasi dari resep Ny.Liem :

Kulit :

500 gr terigu segitiga

50 gr gula pasir

5 kuning telur + 1 putih telur

1 sdt garam

1/2 sdt merica

1000 ml susu

50 gr margarin cair

  • Campur semua bahan kering jadi satu, aduk rata
  • Tuang susu sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk-aduk
  • Tambahkan air dan margarin cair, aduk rata
  • Saring. Cetak satu persatu menggunakan cetakan risoles

Ragout :

2 sdm margarin

1 siung bawang putih, haluskan

2 siung bawang merah, iris tipis

200 gr ayam, potong dadu (kalau mau banyakin tinggal tambah aja)

300 gr campuran wortel, kentang, dan buncis (potong kecil-kecil)

20 gr seledri cincang

70 gr gula pasir

10 gr garam

4 gr merica bubuk

50 ml SKM

100 gr terigu, cairkan dengan 600 ml susu

  • Panaskan mentega, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
  • Masukkan semua bahan lain kecuali campuran terigu dan susu
  • Setelah lembut, masukkan cairan tepung dan susu. Aduk hingga kental dan matang
  • Isi tiap lembar kulut dengan isian ragout, lipat sesuai selera
  • Celupkan kedalam putih telur, balurkan tepung roti
  • Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan

Berhubung aku lagi bikin stok pempek, jadi bernasib baiklah yang pesen dikala seperti itu… karena akhirnya aku selipin kapal selem waktu ngirim…

Hihihi…. met makan ya non! Semoga gak ngiler lagi….

Read Full Post »

%d bloggers like this: