Feeds:
Posts
Comments

Archive for March, 2010

Blueberry Delights

Kalau ada yang bilang aroma blueberry itu harum…. emang! Kalau ada yang bilang blueberry jam itu lembut… nggak salah! Kalau ada yang bilang blueberry delights itu yummy… The answer is…. BENER BANGET!!

Who can refuse this cake?

Japanesse Cheese Cake, layered with soft and sooo…blueberries!

Hmmm… ini adalah orderan salah satu temen lamaku jaman kongkow di kampus… (kok?) lha iya… orang beda fakultas…  Aku suka numpang kongkow di fakultas dia, sampe2 banyak yang ngirain aku anak hukum! Hihi… abis gedungku mojok sih, nggak strategis banget!

Ceritanya ini buat her lovely boyfriend yang lagi ultah. Dipesen dari jauh-jauh hari…  Requestnya, bertemakan bentuk love… Dengan motif dinding aneka bentuk love… (kasih polkadot dikit biar rame) …hihi..

Sampe ke toppernya pun minta dibentuk love juga….

Dan ini adalah penampakan penuhnya :

Tadinya mau diambil sore… ternyata si empunya belum sampe… masih di perjalanan menuju Jakarta… kena macet pula di kebon jeruk deh kayanya…

Akhirnya jam setengah sembilan baru deh nyampe ni kue ke tangan yang berwenang…

Anyway…Met ultah ya…. siapa ? ini…aduh…aku nggak tau nama yg ultahnya siapa! Hiiiihi….
Soalnya belum kenalan….haha!

Advertisements

Read Full Post »

Stok tepung buat risoles masih banyak… mayonaise juga ada… nah, nggak ada salahnya nyobain bikin risoles mayo… buat nambahin perbendaharaan snack hehe….

Resepnya gampil banget, tapi rasanya gud-marsogud…

**Bahan Kulit :

150 gr terigu protein sedang

1/2 sdt garam

1/2 sdt bumbu penyedap (opt)

300 ml susu

1 butir telur

  1. Aduk semua bahan kering jadi satu. Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil  diaduk-aduk
  2. Tambahkan telur dan air, aduk terus hingga rata
  3. Cetak menggunakan cetakan risoles

**Bahan Isi :

300 gr ayam cincang

200 gr mayonaise

200 gr kentang dan wortel potong dadu

4 siung bawang putih

6 siung bawang merah

1 buah bawang bombay

1 sdt garam

1/2 sdt merica

Margarin untuk menumis

  1. Panaskan margarin, masukkan bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah. Tumis hingga harum.
  2. Masukkan ayam hingga berubah warna, disusul rebusan wortel dan kentang.
  3. Tambahkan garam dan merica bubuk.
  4. Terakhir masukkan mayonaise. Aduk-aduk hingga mengkilat dan mengental.
  5. Angkat, isikan ke tiap lembar kulit risoles. Balur dengan putih telur kocok.  Gulingkan di tepung roti.
  6. Goreng hingga kuning keemasan.

Untuk bentuknya sih bisa sesuai selera…. bisa dibentuk segitiga, bisa juga dibentuk persegi panjang…

Asal nggak dibentuk rumah atau mobil aja… aku belom kebayang hihihii….

Read Full Post »

Sore-sore lagi asik bikin stok pempek buat persediaan kedai unyilku, tiba-tiba ada yang berdering…. Nggak taunya temenku , lagi ngiler berat sama Risoles! Ragout-nya sih yang pasti….soalnya waktu aku bilang baru aja meluncurkan produk baru yang isinya chicken mayo, dia nolak…

“Nggak ah…bosen yang mayonnaise gitu… Lagi pengen yang benyek-benyek aja… mau risoles ragout! Bla…bla…bla….”

Okay….. karena pesennya mendadak dan keesokan harinya aku masih harus ngerjain JCC yang ber-berry-berry…aku minta lusa aja… Eh, beliau ini nggak mau! Udah keburu ngiler katanya…

Ya sudlaaaahhh….

Sekalian aku mau share resepnya yang dimodifikasi dari resep Ny.Liem :

Kulit :

500 gr terigu segitiga

50 gr gula pasir

5 kuning telur + 1 putih telur

1 sdt garam

1/2 sdt merica

1000 ml susu

50 gr margarin cair

  • Campur semua bahan kering jadi satu, aduk rata
  • Tuang susu sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk-aduk
  • Tambahkan air dan margarin cair, aduk rata
  • Saring. Cetak satu persatu menggunakan cetakan risoles

Ragout :

2 sdm margarin

1 siung bawang putih, haluskan

2 siung bawang merah, iris tipis

200 gr ayam, potong dadu (kalau mau banyakin tinggal tambah aja)

300 gr campuran wortel, kentang, dan buncis (potong kecil-kecil)

20 gr seledri cincang

70 gr gula pasir

10 gr garam

4 gr merica bubuk

50 ml SKM

100 gr terigu, cairkan dengan 600 ml susu

  • Panaskan mentega, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
  • Masukkan semua bahan lain kecuali campuran terigu dan susu
  • Setelah lembut, masukkan cairan tepung dan susu. Aduk hingga kental dan matang
  • Isi tiap lembar kulut dengan isian ragout, lipat sesuai selera
  • Celupkan kedalam putih telur, balurkan tepung roti
  • Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan

Berhubung aku lagi bikin stok pempek, jadi bernasib baiklah yang pesen dikala seperti itu… karena akhirnya aku selipin kapal selem waktu ngirim…

Hihihi…. met makan ya non! Semoga gak ngiler lagi….

Read Full Post »

Siang-siang lagi sibuk baking di dapur… eh nggak denger ternyata telponku ada missed call. Nggak kedengeran…entah saking seriusnya baking, entah telinganya kurang peka… hihi!

Wuahhh…Bunda Dila yang telpon…

Ternyata request Japanese Cheese Cake, tapi minta didekor nuansa wedding day. Nah lho… JCC ini kan rentan banget… Kepikiran buat pake fondant, tapi takut kenapa-kenapa…ragu-ragu, akhirnya nggak jadi.  Soalnya waktunya mepet banget!

Akhirnya meringue yang jadi pilihan… dan si blow torch pun kembali beraksi!

Untuk menandakan bahwa itu wedding cake, tempel ornamen pengantin mungil aja deh…

Dikirim buat temen kuliah di kedokteran dulu…. Bu Dokter… mohon maaf kalo Bu Dila nggak bisa datang ya….

This Cake represents her… Happy Wedding Day…

Read Full Post »

Wedding Anniversary Cupcake

Wedding Anniversary Cupcakes ini direquest sama Jeng Wie….

Yang wedding anniversary adalah om dan tantenya yang ke 35 tahun.  Minta dibikinin figurin sesuai dengan anggota keluarganya ni…

Si Om, kurus tinggi dan minta dipakein kopiah dan baju koko :

Si tante agak gemuk, plus tiga putrinya yang juga berjilbab semua. Anak pertama suka warna biru, anak kedua suka warna hijau, plus lagi hamil (aduh…gimana ya? belum kegambar bikin figurin orang hamil….hihi) , dan yang ketiga, suka dengan winnie d pooh jadi bajunya request warna kuning aja…

Nah… ini penampakan si ibu hamil, dengan perutnya yang membuncit… Pas difoto dari depan nggak keliatan buncitnya, jadi dimiringin deh…baru keliatan (inget waktu foto hamil dulu, harus ambil serong ato samping biar keliatan hamilnya hehe….)

Nah… kalo si om hobinya main badminton tuh… Terus, si tante hobinya masak. Jadi tema cupcakenya hobi keduanya… Ada raket lengkap dengan shuttle cock-nya… trus yang punya tantenya ada wajan teflon plus spatulanya… dan telor ceplok… masak yang ringkes aja ceritanya… hihi…

Setelah disusun semua… beginilah jadinya…. Serangkaian cupcake wedding anniversary om dan tantenya Jeng Wie….

Sebelum dibawa, Jeng Wie bergaya dulu nyunggi cupcake set nya… awas numplek lohhh… hihihi!

Pas dibawa katanya semua pada suka, gemeeeessss sama figurinnya… jadi sayang buat makannya… hihi… (laper dong???)

Terus, Jeng Wie bilang juga katanya “Tadi ada pengunjung yang dateng di restoran tempat ngerayain anniversary itu ada yang nanyain pesen cupcake dimana… tapi sayangnya aku gak sempet ngasih nomor hape-mu ato account efbi mu say…”

Nggak pa pa Jeng Wie… kalo rejeki kan nggak kemana… hehe…

Congrats yah om dan tante…. semoga langgeng terus sampe selamanya….

Amiiiinnn….

Read Full Post »

Kepiting Saos Padang

Kalo inget kepiting saos padang, selalu inget sama Seafood Pak Cecep di Teluk tuh… Aduh, kepiting saos padangnya bener-bener pas sama selera aku dan temen-temen…. yang anggota tetapnya terdiri dari aku, Ratih Zahro si Atun, Asmin alias Mhee, dan Aniza alias Yuk Anik… plus ditambah anggota tambahan yg selalu berubah2, jadi nggak usah disebutin… hehe!

Nggak heran dulu waktu masih ngantoran, suka nyatronin kesana pas jam pulang kantor or habis lembur…dengan menu yang kru nya udah hapal…

Kepiting saos padang plus kerang rebus sambal kacang… nyum nyum nyum…

Minumnya es leci… yang tulisan kerennya Es Lychee gitu… huhu.. jadi tambah ngiler deh!

Nah… untuk mengobati kangennya dengan makanan langganan ini, akhirnya dapet juga ni resepnya yang mirip-mirip sama kepiting masakan dapur Pak Cecep… (Mas n-dunk…mas adi…pak cecep… kalo salah jangan diolokin yah… hehe)

Bahan :

5 ekor kepiting

5 siung bawang merah

5 siung bawang putih

1 buah bawang bombay

1 ruas jahe dikeprak

1 sdm cabe merah giling

saos tomat secukupnya

saos sambal secukupnya

saos tiram

1 butir telur

sedikit maizena dicampur air

garam

cabe rawit dipotong-potong

daun bawang keprak ujungnya, potong panjang-panjang

cara :

  1. Tuang minyak sayur, masukkan jahe
  2. Setelah minyak panas, keluarkan jahe
  3. Masukkan bawang merah, bawang putih, bawang bombay , daun bawang, tumis sampai wangi
  4. Masukkan kepiting , aduk rata
  5. Masukkan telur, aduk. Tambahkan air dan cabe giling
  6. Masak kepiting sampai matang, masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, dan garam
  7. Biarkan hingga kepiting benar-benar matang, dan sebelum diangkat masukkan maizena cair dan irisan cabe rawit

Kepiting saus padang pun siap untuk disantap…..

Read Full Post »

Singkong Keju

Wah… ngomongin singkong, langsung berseliweran aneka jenis makanan dan jajanan yang terbuat dari jenis umbi-umbian ini. Murah, meriah, mengenyangkan, dan yang pasti rasanya juga lezat. …

Kali ini, selera singkong yang rada ‘ndeso’ dikombinasi sama keju yang ‘kotaan’ … (jaman dulu ada tuuh lagu anak singkong…. suka keju…hehe)

Nggak usah berlama-lama basa-basinya ah… tuh yang ngeliatin udah ngiler pengen nyicipin juga…. berikut ini resepnya dari bukunya Ny.Liem nih… tapi dimodifikasi sesuai sama seleraku yah… :

Bahan I:

350 gr singkong, parut kasar

40 gr gula pasir

4 sdt vanili bubuk (aku pake cuma sedikit vanili bubuk)

Bahan II:

100 gr kelapa, kupas kulitnya, parut memanjang

4 sdt garam (aku pake cuma setengah sdt garam)

4 sdt  vanili bubuk  (aku pake cuma sedikit aja, takut pahit)

Bahan III :

50 gr keju parut

Cara membuat :

  1. Campur Bahan I, aduk rata. Masukkan kedalam cetakan yang dialasi dengan plastik. Taburi atasnya dengan Bahan II. Kukus dalam panci pengukus selama kurang lebih 20 menit hingga matang. Angkat.
  2. Taburi atasnya dengan Bahan III.  Sajikan.

Read Full Post »

Older Posts »

%d bloggers like this: