Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Muffins’ Category

Kenapa disebut Chocociz Muffin? Karena terbuat dari bahan-bahan dasar muffin, ditambah cream cheese, dibubuhi sedikit whipcream, dan bertaburan chocochips luar dan dalam…  Seneng liat permukaan muffin yang membumbung dan melendung ini… (aiiihhh…bahasanya kok nggak banget yah?

Soal rasa, menurutku ya enaklah… luarnya garing, begitu digigit dalamnya empuk.  Tapi paling enak kalo pas masih hangat… ditemani secangkir teh atau kopi… wuah…  Nggak cuma aku, liat nih….tangan unyil aja udah nggak sabaran buat nyamber satu…

Ini sebenernya gak sengaja loh…pas udah ditata…dizoom…dikeker ni muffin…dan siap dijepret, olala…ada sekelebatan tangan dengan gerakan yang sangat cepat… berbarengan dengan blitz lampu yang menyala, dan KLIK! Owhhhh….kok ada gambar jari-jari mungil juga yang nyasar? Hihi…

Resepnya ala Culinary Corners… timbang sana, timbang sini! Cemplung sana…aduk sini… Panggang, dan jadi deh! Berikut aku share resepnya yah :

Campur dalam satu mangkuk :

3 oz Cream Cheese

1 oz Whip Cream

4 oz susu

2 kuning telur + 1 putih telur

70 gr margarin

Bahan kering :

2 sdt BP

1/4 sdt soda kue

5 oz gula pasir

10 oz terigu (all purpose)

Bahan tambahan :

2 oz chocochips

  1. Aduk bahan kering hingga tercampur rata
  2. Tuang campuran bahan cair dengan cara dikucurkan, sambil diaduk-aduk  (asal tercampur aja)…
  3. Tambahkan 2/3 bahan tambahan
  4. Masukkan ke cetakan muffin yang telah dioles margarin dan ditabur tepung
  5. Taburkan sisa bahan tambahan diatas adonan dalam cetakan
  6. Panggang dengan suhu 180-200° C selama ± 20 menit (lakukan tes tusuk)
  7. Setelah kecoklatan angkat, dinginkan….

Siap disajikan 🙂

Read Full Post »

Muffin

Lagi kena serangan baking blue… lagi punya banyak waktu buat leyeh-leyeh…

Maka cari-cari resep baru deh… dapet resep dari blog Mba Riana n Mba Ruri… langsung aja dicobain dengan bahan yang ada di rumah…

Ketuplekan di dapur sore-sore sembari rebutan sama Fio yang pengennya deket mama terussss….

Sebagian aku kasih chocochips… sisanya polos ajah…

Setelah menikmati muffin di sore hari…. menghirup hangatnya kopi ditengah hujan yang menyelimuti…  jadi merasa agak baikan….

Bye bye baking blue….  My Kitchen, i’m coming!

Read Full Post »

Kenapa namanya ada orangenya juga? Karena emang terbuat dari campuran coklat dan sari buah jeruk…

Menurutku, resep muffin yang satu ini jadinya ringan si muffin-nya…  Gak berasa kenyang nih makan satu… (Hmmmm…kalo ini sih salah muffin ato salah diriku ya?)  Dari segi rasa juga nggak terlalu manis… Mungkin karena seharusnya pake topping cokelat leleh , cuma aku males ngasih toppingnya nih… Gantinya adalah blueberry jam favoritku! Ternyata enak….

Nah, lihatlah penampakan blueberry jam yang meleleh …menggoda ditengah-tengah muffin coklat yang masih hangat  ini :

Untuk berbagi kehangatan si muffin coklat ini, berikut aku kasih resep aslinya ya… :

150 g dark chocolate, chopped

75 g unsulted butter, chopped

300 g self  raising flour

75 g plain flour

3 tablespoon cocoa powder

3 tablespoon caster sugar

2 eggs

250 ml milk

1 tablespoon finely grated orange rind (substituted with orange extract)

  1. Preheat the oven to hot 210 C. Brush a muffin tin with butter or oil.
  2. Place the chocolate and butter in a heatproof bowl standing over a pan of barely simmering water. Stir occasionally, until the chocolate and butter melted. Remove from the heat.
  3. Sift the flours and cocoa powder into a large bowl. Stir in the sugar and make a well in the centre.
  4. Whisk the eggs, milk, and orange rind together in a jug, and pour  into the well in the dry ingredients along with the melted chocolate mixture. Stir well with a metal spoon until just combine. The mixture should be lumpy.
  5. Spoon the mixture into the muffin tin, filling each hole to about three-quarters full. Bake for 20 minutes or until a skewer comes out clean when inserted into the centre of a muffin…

adopted from “Le Cordon Bleu – Home Collection Muffins”

Read Full Post »

%d bloggers like this: