Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Tutorial’ Category

 

Step by step kukis hias Culinary Corners ada lagi di Majalah Sekar….. Kali ini temanya kukis buat anak-anak…. Yuk diintip step-stepnya……

Advertisements

Read Full Post »

Kepengen bikin kukis dengan hiasan motif belang-belang, berwarna-warni… atau selang-seling… Ternyata caranya gampang banget. Nggak seribet yang dibayangin deh….


1. Warnai kukis dengan mengisi sebagian kukis yang akan dimotif menggunakan royal icing basah. Untuk menghindari kering duluan, maka kerjakan sebidang-sebidang dulu aja.

2. Beri garis vertikal menggunakan royal icing warna lain. Dan pastikan royal icing dasar masih dalam keadaan basah.

3. Apabila ingin lebih berwarna-warni, tambahkan garis dengan warna lain di sisi yang diinginkan.

4. Ambil tusuk gigi atau alat bantu lain yang memiliki ujung runcing. Tarik garis horizontal melewati dua garis vertikal royal icing berwarna. Lakukan segera pada saat royal icing masih benar-benar basah.

Nah…. jadi deh kukis motif warna-warninya!

Read Full Post »

Kepengen bikin kukis hias? Takut mentok ide di jalan? Bila merasa kreativitas masih belum tergali dalam-dalam, nggak usah bingung. Bikin panduan dahulu sebelum mulai membuat kukis.

  • Siapkan kertas, pensil, pensil warna, dan cookies cutter.
  • Jiplak gambar mengikuti bentuk cookies cutter yang ingin dicetak.
  • Warnai dan gambar sesuai dengan imajinasi kita.
  • Gambar desain siap untuk diaplikasikan di atas kukis hias.

 

Bila tidak memiliki cookies cutter, tapi nemu gambar yang lucu? Kalo bikinnya cuma beberapa buah, nggak usah repot nyari tukang bikin cookies cutter. Caranya :

  • Siapkan gunting, langsung potong gambar lucu tersebut.
  • Letakkan di atas adonan kukis yang sudah digilas dan siap dicetak.
  • Potong kukis menggunakan pisau kecil mengikuti pola yang kita gunting tadi.

 

Dan kalo nggak nemu gambar yang diinginkan, tapi masih kekeuh kepingin bikin suatu gambar, siapkan pensil dan kertas tebal. Gambar pola, dan gunting. Lakukan hal yang sama seperti gambar yang sebelumnya.

Jadilah kukis sesuai dengan yang diinginkan….

Read Full Post »

Belajar bareng kali ini nyoba bikin kukis hias bareng-bareng. Awalnya berlima, eh ternyata yang dua berhalangan hadir. Maka belajar bareng tetap berjalan.

Mereka yang ikut adalah teman-teman baru. Sebagian mereka ngeliat liputan di tipi, sebagian lagi dari blogwalking ke halaman blogku. Senang rasanya dapet temen-temen baru seperti mereka.

Teman-teman ini pekerja kantoran yang masih juga nyari kesibukan lain di luar kantor. Salut buat mereka. Hehe… **secara aku yang fulltime di rumah aja kadang masih ngerasa kurang waktunya, gimana mereka yah? hihihi**

Dengan semangat yang tinggi, meskipun udah rada lowbat tapi tetep konsentrasi ngeliatin royal icing menari di atas permukaan kukis.

Apalagi waktu belajar mewarnai Royal Icingnya, hayah…. pada rebutan mangkok dan pewarna. Kayaknya besok-besok aku mesti pinjem mangkok sama mamang bakso yang suka lewat di depan rumah kali yah? **Glekkkk!!**

Liat kan? Betapa seriusnya kedua wanita berkacamata ini? Sampe-sampe nggak sadar itu kacamata udah pada melorot. Hihihi… piss ya mba-mba :b

Ternyata menurut mereka bikin kukis hias itu nggak susah lho. Ini terbukti mereka bisa merampungkan belajar bareng kukis hias ini dengan hasil yang bikin mereka mesam-mesem liat kreasi tangan mereka sendiri. **aku nggak ngerti juga makna sesungguhnya dari mesam-mesemnya itu sendiri hehehe**

Bravo ya Trio Macannn… eh salah! Trio Mba Wanti, Mba Dyah, dan Mba Fanny…. !

 

 

Read Full Post »

Royal Icing

Dulu aku sedikit kesulitan waktu mencoba buat kukis hias. Terutama royal icing yang menggumpal atau bergerindil. Jadinya kurang cantik dan mulus menurutku.  Setelah membaca beberapa literatur dan membanding-bandingkan, akhirnya aku menemukan cara yang cocok buatku untuk membuat kukis hias pada Romantic Cake dari Peggy Porchen.

1. Ayak gula bubuk.

2. Siapkan putih telur berkualitas baik dan pastikan dalam keadaan suhu ruang.

3. Kocok dengan mikser , gunakan Speed 1 atau kecepatan rendah hingga mendapatkan tekstur stiff peak seperti gambar di atas.

4. Untuk mendapatkan soft peak, bisa hentikan pengocokan pada saat sudah mendapatkan tampilan seperti gambar di atas. Atau, bila sudah terlanjur menjadi stiff, bisa tambahkan sedikit air dan diaduk hingga mendapatkan kekentalan seperti gambar. Gunakan adonan untuk membuat border, outline, atau dots pada kukis hias.

5. Untuk flooding ruang tengah kukis hias, gunakan royal icing yang sedikit lebih encer. Bisa disebut dengan running consistency. Tambahkan beberapa tetes air sambil diaduk hingga pada saat adonan diangkat akan meluncur perlahan dan tak terputus kebawah.

Semoga ulasan di atas bisa sedikit memperjelas bayangan bagaimana formula Royal icing yang pas untuk kukis hias.Sejak menemukan formula yang pas untuk Royal Icing, aku jadi jatuh hati sama kukis hias. Hehehe…. nggak ada kesel-kesel lagi ngeliat permukaan royal icing yang nggak rata…. Makasih ya Mba Peggy….

Read Full Post »

%d bloggers like this: